Home » , » SOAL EKOLOGI SMP 9

SOAL EKOLOGI SMP 9

Written By edi sukarman on Sunday, August 12, 2012 | 7:44 AM



SOAL EKOLOGI SMP 9

A. PILIHLAH SALAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT !
01. Ilmu yang mempelajari hubungan timbal balik antara makhluk hidup dan lingkungannya disebut …
a. ekosistem
b. ekologi
c. komunitas
d. populasi

02. Berikut ini beberapa komponen ekosistem :

  1. rumput, air, udara
  2. udara, tanah, air
  3. batu, semut, oksigen
  4. oksigen dan air
  5. karbondioksida dan oksigen
yang termasuk komponen abiotik adalah …
a. 1,2,3
b. 1,4,5
c. 2,4,5
d. 3,4,5

03. Perhatikan gambar !



Hewan pada gambar di atas, habitatnya adalah …
a. hutan
b. di atas pohon
c. di udara
d. semak belukar


04. Pernyataan yang benar tentang ekosistem adalah …
a. hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungannya
b. ilmu yang mempelajari hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungannya
c. keseluruhan komunitas yang terdapat di permukaan bumi
d. sekumpulan makhluk hidup satu spesies yang mendiami tempat tertentu

05. Perhatikan gambar !


Gambar di atas menunjukkan satuan makhluk hidup penyusun ekosistem yang disebut …
a. individu
b. populasi
c. komunitas
d. ekosistem

06. Komponen biotik dalam ekosistem berdasarkan peranannya dikelompokkan menjadi ...
a. individu, komunitas, populasi, bioma
b. spesies, genus, familia, ordo
c. produsen, konsumen, dekomposer
d. konsumen, autotrof, heterotrof

07. Faktor-faktor abiotik yang mempengaruhi kehidupan darat yaitu …
a. tanah, arus, cahaya matahari
b. cahaya matahari, cuaca, tanah
c. tanah, pasang surut, kadar garam
d. suhu, gelombang, letak geografis

08. Pengelompokan organisme heterotrof menjadi herbivora, carnivora dan omnivora didasarkan pada …
a. jenis makanannya
b. cara mencerna makanannya
c. cara menangkap makanannya
d. tempat memperoleh makanannya

09. Contoh ketergantungan komponen biotik terhadap komponen abiotik adalah …
a. tanah yang tandus disuburkan dengan pemberian pupuk
b. penghijauan terhadap tanah yang gundul
c. manusia membutuhkan air dan oksigen
d. manusia membuat sengkedan terhadap tanah yang miring

10. Pengaruh komponen biotik terhadap komponen abiotik di bawah ini adalah …
a. air sungai yang tercemar menyebabkan ikan-ikan mati
b. air yang bersih banyak manfaatnya bagi kehidupan manusia
c. sinar matahari banyak mendukung kesuburan tanaman
d. cacing tanah dapat menyuburkan tanah

11. Tanah pertanian yang ditanami polong-polongan dapat menjadi subur karena …
a. daun tanaman polong-polongan dapat dijadikan pupuk kompos
b. bintil-bintil akar tanaman polong-polongan mengandung Rhizobium yang dapat mengikat nitrogen
c. bintil-bintil akar polong-polongan menghasilkan unsur hara yang diperlukan tanaman
d. akar tanaman polong-polongan dapat menggemburkan tanah

12. Hewan membutuhkan tumbuhan sebagai sumber …
a. oksigen dan makanan
b. karbondioksida dan makanan
c. nitrogen dan makanan
d. oksigen dan karbondioksida

13. Tanaman air dalam akuarium berguna untuk :
a. memperindah akuarium
b. agar akuarium tampak hijau
c. menyediakan oksigen bagi ikan
d. menyerap kotoran ikan

14. Peristiwa memakan dan dimakan dalam sebuah ekosistem disebut …
a. pemangsa
b. hukum rimba
c. komensalisme
d. rantai makanan

15. Sekelompok singa dan sekelompok harimau tutul saling memperebutkan kawanan rusa di padang rumput. Interaksi yang terjadi antara singa dan harimau tutul disebut …
a. kompetisi
b. predasi
c. simbiosis
d. rantai makanan

16. Peristiwa hidup bersama antara dua individu yang berbeda disebut …
a. netralisme
b. predasi
c. simbiosis
d. kompetisi

17. Berikut ini adalah interaksi antar makhluk hidup dalam sebuah ekosistem :

  1. ikan hiu dan ikan remora
  2. benalu dengan pohon mangga
  3. bunga dan lebah
  4. akar tanaman polong-polongan dan bakteri Rhizobium
  5. kerbau dan burung jalak
  6. manusia dan kutu rambut
  7. sapi dan cacing hati
Interaksi yang merupakan contoh simbiosis mutualisme adalah …
a. 1,3,4,
b. 1,2,6,
c. 4,5,7
d. 3,4,5,

18. Dalam ekosistem air terdapat :

  1. anak ikan mujair
  2. fitoplankton
  3. lele
  4. zooplankton
Urutan rantai makanan yang benar adalah …
a. 2-3-4-1
b. 2-4-1-3
c. 2-4-5-1
d. 4-3-2-1

19. Perhatikan jaring-jaring makanan berikut !

Komponen yang berperan sebagai konsumen tingkat dua adalah …
a. burung, ular, kucing
b. tikus, kucing, burung
c. kelinci, ulat, sapi
d. bakteri, belalang, burung

20. Dalam piramida makanan, komponen yang memiliki jumlah terbesar adalah …
a. produsen
b. konsumen I
c. konusmen II
d. konsumen III

21. Berikut adalah usaha-usaha pelestarian keanekaragaman makhluk hidup, kecuali 
a. memelihara hewan langka di rumah
b. budidaya kultur jaringan
c. penangkapan hewan musiman
d. sistem tebang pilih

22. Perbuatan manusia yang tidak menyebabkan kerusakan lingkungan antara lain :
a. penebangan hutan untuk lahan perumahan
b. penangkapan ikan dengan jaring
c. penebangan hutan untuk lahan pertanian
d. perburuan binatang liar

23. Keseimbangan ekosistem akan tercapai apabila …
a. terjadi perubahan ekosistem akibat bencana alam
b. terjadi perubahan ekosistem baik secara alami maupun karena tindakan manusia
c. tidak terjadi gangguan terhadap semua komponen penyusun ekosistem
d. tidak terjadi kematian pada semua komponen penyusun ekosistem

24. Tempat perlindungan bagi hewan langka disebut …
a. kebun binatang
b. cagar alam
c. hutan lindung
d. suaka margasatwa

25. Penyebab alami punahnya keanekaragaman makhluk hidup antara lain …
a. penangkapan ikan dengan pukat harimau
b. penebangan hutan secara liar
c. perburuan hewan-hewan liar
d. gunung meletus

B. JAWABLAH PERTANYAAN-PERTANYAAN BERIKUT INI DENGAN TEPAT !

  1. Jumlah produsen selalu lebih besar daripada jumlah konsumen dalam sebuah ekosistem. Jelaskan mengapa terjadi demikian !
  2. Mengapa antar makhluk hidup dalam sebuah ekosistem saling berinteraksi satu sama lain ?
  3. Apa yang dimaksud ekosistem yang seimbang ?
  4. Apa yang dimaksud dengan sistem tebang pilih ?
  5. Sikap apa sajakah yang harus kalian lakukan agar tidak terjadi kerusakan/gangguan terhadap lingkungan ?

LAYIHAN LAGI
PILIHLAH SALAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT !
01. IPA disebut juga sains yang terdiri dari …
a. Fisika, Kimia, Sosiologi
b. Farmasi, Kimia, Biologi
c. Fisika, Kimia, Biologi
d. Psikologi, Fisika, Biologi

02. IPA merupakan ilmu yang mempelajari …
a. Hubungan antar manusia
b. Alam semesta dan interaksi yang terjadi di dalamnya
c. Bumi dan bentang alamnya
d. Galaksi dan tata surya

03. Cabang ilmu IPA yang khusus mempelajari tumbuhan, hewan, dan lingkungan berturut-turut adalah …
a. Biologi, fisiologi, ekosistem
b. Botani, zoologi, ekologi
c. Taksonomi, botani, ekologi
d. Zoologi, botani, morfologi


04. Berikut ini merupakan kelompok abiotik yaitu :
a. Air, udara, tanah, bakteri
b. Suhu, kelembaban, virus, telur
c. Cahaya, suhu, udara, mineral
d. Tanah, air, api, spora

05. Perhatikan data berikut !

  1. Es meleleh ketika dipanaskan
  2. Burung bertelur untuk melestarikan keturunannya
  3. Pelangi terbentuk karena adanya pembiasan cahaya oleh sinar matahari setelah turun hujan
  4. Daun putri malu mengatup ketika disentuh
Data yang menunjukkan gejala alam biotik adalah nomor :
a. 1 dan 2
b. 1 dan 3
c. 2 dan 3
d. 2 dan 4

06. Berikut ini merupakan contoh faktor biotik yang mempengaruhi faktor abiotik, yaitu :
a. Tumbuhan memerlukan cahaya dan karbondioksida untuk berfotosintesis
b. Ikan memerlukan air untuk minum dan tempat hidupnya
c. Cacing tanah mengeluarkan kotoran dan membuat rongga-rongga dalam tanah sehingga dapat menyuburkan tanah
d. Tanaman strawberry perlu suhu udara yang dingin untuk tumbuh dan berbuah dengan baik

07. Berikut ini merupakan contoh faktor abiotik yang mempengaruhi faktor biotik, yaitu :
a. Ketika berfotosintesis, tumbuhan menghasilkan oksigen
b. Hewan mengeluarkan kotoran yang dapat menyuburkan tanah
c. Tumbuhan memerlukan nutrisi yang cukup agar dapat tumbuh dengan baik
d. Daun-daun yang berserakan di permukaan tanah akan membusuk dan membentuk humus

08. Kegiatan menguraikan data-data yang diperoleh sehingga dapat digunakan untuk membuat kesimpulan disebut …
a. penafsiran
b. analisis
c. memprediksi
d. penyelidikan

09. Urutan langkah kerja dalam melakukan penelitian sering disebut dengan …
a. metode ilmiah
b. sistem ilmiah
c. sikap ilmiah
d. laporan ilmiah

10. Langkah pertama dalam pelaksanaan metode ilmiah adalah ….
a. Mengumpulkan data
b. Merumuskan masalah
c. Mengambil hipotesis
d. Melakukan eksperimen

11. Langkah dalam metode ilmiah yang dilakukan untuk menguji hipotesis adalah ….
a. Perumusan masalah
b. Eksperimen
c. Menarik kesimpulan
d. Mengumpulkan data

12. Tujuan utama penggunaan metode ilmiah adalah :
a. Meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran manusia
b. Mengubah sikap manusia menjadi lebih ilmiah
c. Mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan adanya penemuan-penemuan baru
d. Meningkatkan penggunaan teknologi baru

13. Jawaban sementara dari permasalahan yang akan dipecahkan disebut …
a. hipotesis
b. kesimpulan
c. eksperimen
d. rumusan masalah

14. Hasil penelitian dipublikasikan dalam bentuk :
a. metode ilmiah
b. sistem ilmiah
c. sikap ilmiah
d. laporan ilmiah

15. Tujuan mengkomunikasikan hasil penelitian adalah agar …
a. Hasil penelitian tersebut dapat dimanfaatkan oleh orang lain
b. Menunjukkan kemampuan kita kepada publik
c. Mempererat hubungan ilmuwan dengan masyarakat
d. Mencari keuntungan dari hasil publikasi

16. Pernyataan berikut yang bukan fakta adalah :
a. Batang tampak beruas-ruas
b. Mahkota bunga berjumlah ganjil
c. Bunganya berbau sedap
d. Penyerbukan terjadi karena adanya serangga

17. Langkah-langkah metode ilmiah :

  1. Merumuskan masalah
  2. Melakukan pengamatan dan mengumpulkan data
  3. Melakukan eksperimen/percobaan
  4. Merumuskan hipotesis/dugaan sementara
  5. Menarik kesimpulan
  6. Menguji kesimpulan dengan mengulang percobaan lagi
Urutan langkah-langah metode ilmiah yang benar adalah …
a. 1,2,4,3,5,6
b. 2,1,3,4,5,6
c. 1,4,2,3,5,6
d. 2,1,4,3,5,6

18. Pak Budi ingin meneliti tentang penyebab kematian ikan-ikan di kolamnya. Pak budi menduga bahwa penyebab kematian ikan-ikan tersebut adalah infeksi oleh jamur.
Langkah-langkah metode ilmiah yang telah dilakukan oleh Pak budi tersebut telah sampai pada tahap …
a. Menemukan masalah
b. Mengumpulkan data
c. Merumuskan hipotesis
d. Menarik kesimpulan

19. Variabel dalam sebuah percobaan yang dapat diubah-ubah disebut :
a. Variabel kontrol
b. Variabel bebas
c. Variabel terikat
d. Variabel pengganggu

20. Variabel bebas pada percobaan tentang “pengaruh jenis pakan terhadap pertumbuhan ikan lele” adalah :
a. Jumlah pakan yang diberikan
b. Jenis pakan yang diberikan
c. Waktu pemberian pakan
d. Jenis dan usia ikan lele

21. Berikut ini adalah sikap ilmiah yang harus dimiliki oleh seorang peneliti, kecuali :
a. Mencintai kebenaran dan ulet
b. Teliti dan hati-hati
c. Ingin tahu dan optimis
d. Manipulasi dan pesimis

22. Data hasil eksperimen yang tidak disajikan dalam bentuk angka disebut data :
a. Kualitatif
b. Kuantitatif
c. Primer
d. Sekunder

23. Pengukuran suhu menggunakan termometer akan menghasilkan data yang bersifat ….
a. Fisika
b. Kimia
c. Kualitatif
d. Kuantitatif

24. Perhatikan data berikut !

  1. Warna bunganya kuning
  2. Lebar daunnya 4 cm – 5 cm
  3. Batangnya kuat
  4. Jumlah kelopak bunganya enam
Data pengamatan di atas yang bersifat kuantitatif adalah nomor :
a. 1 dan 2
b. 1 dan 3
c. 2 dan 3
d. 2 dan 4

25. Pada sebuah penelitian diambil rumusan masalah : “Bagaimana pengaruh cahaya terhadap pertumbuhan perkecambahan biji”.
Hipotesis dari masalah tersebut adalah …
a. Cahaya tidak berpengaruh terhadap perkecambahan biji
b. Cahaya berpengaruh terhadap perkecambahan biji
c. Cahaya mempercepat perkecambahan biji
d. Cahaya memperlambat perkecambahan biji


B. JAWABLAH SOAL-SOAL DI BAWAH INI DENGAN TEPAT !

  1. Sebutkan 5 cabang ilmu biologi disertai pengertiannya !
  2. Jelaskan pengertian biotik dan abiotik !
  3. Beri 3 contoh gejala alam biotik yang ada di sekitar kita !
  4. Beri 3 contoh faktor biotik yang mempengaruhi abiotik !
  5. Jelaskan urutan langkah-langkah dalam metode ilmiah secara lengkap!
  6. Jelaskan perbedaan data kualitatif dan data kuantitatif !
  7. Jelaskan apa yang dimaksud dengan variabel bebas ! Beri 1 contoh !
  8. Jelaskan mengapa dalam setiap percobaan perlu adanya variabel kontrol!
  9. Buatlah sebuah hipotesis dari percobaan tentang “pengaruh temperatur air terhadap kecepatan pernafasan ikan”!
  10. Sebutkan 5 sikap ilmiah yang harus dimiliki oleh seorang peneliti!

SOAL EKOLOGI SMP 9



A. PILIHLAH SALAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT !
01. Ilmu yang mempelajari hubungan timbal balik antara makhluk hidup dan lingkungannya disebut …
a. ekosistem
b. ekologi
c. komunitas
d. populasi

02. Berikut ini beberapa komponen ekosistem :
1) rumput, air, udara
2) udara, tanah, air
3) batu, semut, oksigen
4) oksigen dan air
5) karbondioksida dan oksigen
yang termasuk komponen abiotik adalah …
a. 1,2,3
b. 1,4,5
c. 2,4,5
d. 3,4,5

03. Perhatikan gambar !



Hewan pada gambar di atas, habitatnya adalah …
a. hutan
b. di atas pohon
c. di udara
d. semak belukar


04. Pernyataan yang benar tentang ekosistem adalah …
a. hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungannya
b. ilmu yang mempelajari hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungannya
c. keseluruhan komunitas yang terdapat di permukaan bumi
d. sekumpulan makhluk hidup satu spesies yang mendiami tempat tertentu

05. Perhatikan gambar !


Gambar di atas menunjukkan satuan makhluk hidup penyusun ekosistem yang disebut …
a. individu
b. populasi
c. komunitas
d. ekosistem

06. Komponen biotik dalam ekosistem berdasarkan peranannya dikelompokkan menjadi ...
a. individu, komunitas, populasi, bioma
b. spesies, genus, familia, ordo
c. produsen, konsumen, dekomposer
d. konsumen, autotrof, heterotrof

07. Faktor-faktor abiotik yang mempengaruhi kehidupan darat yaitu …
a. tanah, arus, cahaya matahari
b. cahaya matahari, cuaca, tanah
c. tanah, pasang surut, kadar garam
d. suhu, gelombang, letak geografis

08. Pengelompokan organisme heterotrof menjadi herbivora, carnivora dan omnivora didasarkan pada …
a. jenis makanannya
b. cara mencerna makanannya
c. cara menangkap makanannya
d. tempat memperoleh makanannya

09. Contoh ketergantungan komponen biotik terhadap komponen abiotik adalah …
a. tanah yang tandus disuburkan dengan pemberian pupuk
b. penghijauan terhadap tanah yang gundul
c. manusia membutuhkan air dan oksigen
d. manusia membuat sengkedan terhadap tanah yang miring

10. Pengaruh komponen biotik terhadap komponen abiotik di bawah ini adalah …
a. air sungai yang tercemar menyebabkan ikan-ikan mati
b. air yang bersih banyak manfaatnya bagi kehidupan manusia
c. sinar matahari banyak mendukung kesuburan tanaman
d. cacing tanah dapat menyuburkan tanah

11. Tanah pertanian yang ditanami polong-polongan dapat menjadi subur karena …
a. daun tanaman polong-polongan dapat dijadikan pupuk kompos
b. bintil-bintil akar tanaman polong-polongan mengandung Rhizobium yang dapat mengikat nitrogen
c. bintil-bintil akar polong-polongan menghasilkan unsur hara yang diperlukan tanaman
d. akar tanaman polong-polongan dapat menggemburkan tanah

12. Hewan membutuhkan tumbuhan sebagai sumber …
a. oksigen dan makanan
b. karbondioksida dan makanan
c. nitrogen dan makanan
d. oksigen dan karbondioksida

13. Tanaman air dalam akuarium berguna untuk :
a. memperindah akuarium
b. agar akuarium tampak hijau
c. menyediakan oksigen bagi ikan
d. menyerap kotoran ikan

14. Peristiwa memakan dan dimakan dalam sebuah ekosistem disebut …
a. pemangsa
b. hukum rimba
c. komensalisme
d. rantai makanan

15. Sekelompok singa dan sekelompok harimau tutul saling memperebutkan kawanan rusa di padang rumput. Interaksi yang terjadi antara singa dan harimau tutul disebut …
a. kompetisi
b. predasi
c. simbiosis
d. rantai makanan

16. Peristiwa hidup bersama antara dua individu yang berbeda disebut …
a. netralisme
b. predasi
c. simbiosis
d. kompetisi

17. Berikut ini adalah interaksi antar makhluk hidup dalam sebuah ekosistem :
1) ikan hiu dan ikan remora
2) benalu dengan pohon mangga
3) bunga dan lebah
4) akar tanaman polong-polongan dan bakteri Rhizobium
5) kerbau dan burung jalak
6) manusia dan kutu rambut
7) sapi dan cacing hati
Interaksi yang merupakan contoh simbiosis mutualisme adalah …
a. 1,3,4,
b. 1,2,6,
c. 4,5,7
d. 3,4,5,

18. Dalam ekosistem air terdapat :
1) anak ikan mujair
2) fitoplankton
3) lele
4) zooplankton
Urutan rantai makanan yang benar adalah …
a. 2-3-4-1
b. 2-4-1-3
c. 2-4-5-1
d. 4-3-2-1

19. Perhatikan jaring-jaring makanan berikut !

Komponen yang berperan sebagai konsumen tingkat dua adalah …
a. burung, ular, kucing
b. tikus, kucing, burung
c. kelinci, ulat, sapi
d. bakteri, belalang, burung

20. Dalam piramida makanan, komponen yang memiliki jumlah terbesar adalah …
a. produsen
b. konsumen I
c. konusmen II
d. konsumen III

21. Berikut adalah usaha-usaha pelestarian keanekaragaman makhluk hidup, kecuali 
a. memelihara hewan langka di rumah
b. budidaya kultur jaringan
c. penangkapan hewan musiman
d. sistem tebang pilih

22. Perbuatan manusia yang tidak menyebabkan kerusakan lingkungan antara lain :
a. penebangan hutan untuk lahan perumahan
b. penangkapan ikan dengan jaring
c. penebangan hutan untuk lahan pertanian
d. perburuan binatang liar

23. Keseimbangan ekosistem akan tercapai apabila …
a. terjadi perubahan ekosistem akibat bencana alam
b. terjadi perubahan ekosistem baik secara alami maupun karena tindakan manusia
c. tidak terjadi gangguan terhadap semua komponen penyusun ekosistem
d. tidak terjadi kematian pada semua komponen penyusun ekosistem

24. Tempat perlindungan bagi hewan langka disebut …
a. kebun binatang
b. cagar alam
c. hutan lindung
d. suaka margasatwa

25. Penyebab alami punahnya keanekaragaman makhluk hidup antara lain …
a. penangkapan ikan dengan pukat harimau
b. penebangan hutan secara liar
c. perburuan hewan-hewan liar
d. gunung meletus

B. JAWABLAH PERTANYAAN-PERTANYAAN BERIKUT INI DENGAN TEPAT !
26. Jumlah produsen selalu lebih besar daripada jumlah konsumen dalam sebuah ekosistem. Jelaskan mengapa terjadi demikian !
27. Mengapa antar makhluk hidup dalam sebuah ekosistem saling berinteraksi satu sama lain ?
28. Apa yang dimaksud ekosistem yang seimbang ?
29. Apa yang dimaksud dengan sistem tebang pilih ?
30. Sikap apa sajakah yang harus kalian lakukan agar tidak terjadi kerusakan/gangguan terhadap lingkungan ?

1.       Setiap ekosistem terdiri dari dua komponen yaitu komponen bitoik yang terdiri dari semua makhluk hidup dan komponen abiotik yang terdiri dari makhluk tak hidup.
2.       Ekosistem dapat mengalami perubahan secara alamiah dan pengaruh kegiatan manusia.
3.       Kegiatan manusia yang dapat merusak keseimbangan ekosistem antara lain membuang limbah pabrik ke sungai, penambangan, penggunaan kendaraan bermotor, dan penebangan hutan secara liar.
4.       Tumbuhan banyak ditebang untuk diambil kayunya sehingga dapat merusak keseimbangan ekosistem.
5.       Hewan banyak diburu manusia untuk diambil kulitnya, gadingnya, atau bulunya.
6.       Komponen abiotik dapat juga dimanfaatkan oleh manusia, seperti pemanfaatan air sebagai pembangkit listrik tenaga air.

Ekosistem           : interaksi antara makhluk hidup dengan lingkungan tak   hidup
Gading                  : taring yang panjang pada gajah
Langka                  : jarang ditemukan
Pencemaran      : pengotoran
Budi daya            : usaha yang bermanfaat dan memberikan hasil
Cagar alam          : tempat perlindungan bagi hewan dan tumbuhan dari kepunahan
Ekosistem           : hubungan saling ketergantungan antara makhluk hidup dan lingkungannya
Hutan lindung    : hutan yang dilestarikan untuk melindungi lahan
Hutan wisata      : kawasan hutan yang dipelihara untuk kepentingan pariwisata
Kebun raya         : kebun tempat memelihara pelbagai tumbuhan
Permukiman      : daerah tempat bermukim
Reboisasi             : penanaman kembali hutan yang telah ditebang pohonnya
Suaka margasatwa          : tempat perlindungan khusus bagi hewan yang terancam punah
Taman laut          : wilayah lautan yang mempunyai ciri khas berupa keindahan alam
Taman nasional : kawasan pelestarian alam yang dikelola untuk berbagai kepentingan



Sumber : http://edisukarman.blogspot.com/search/label/BIOLOGI

SOAL EKOLOGI SMP 9



Alternative Link :
SOAL EKOLOGI SMP 9

[ Click Here... ]

0 komentar:

Post a Comment

Pengikut

Edi Sukarman. Powered by Blogger.