Monday, August 13, 2012

PENENTUAN KADAR SUKROSA PADA MINUMAN

 Sukrosa atau gula tebu adalah disakarida dari glukosa dan fruktosa. Sukrosa dibentuk oleh banyak tanaman, tetapi tidak terdapat pada hewan tingkat tinggi. Berlawanan dengan maltosa dan laktosa, sukrosa tidak mengandung atom carbon anomer bebas, karena carbon anomer kedua komponen unit monosakarida pada sukrosa berikatan satu dengan yang lain.
sukrosa [O-β-D-fruktofuranosil-(2→1)-α-D-glukofiranosida]

Karena alasan inilah sukrosa buka merupakan gula pereduksi. Walaupun D-glukosa merupakan unit pembangun utama kedua senyawa pati dan selulosa, sukrosa merupakan produk fotosintesis antara yang utama. Pada banyak tanaman sukrosa merupakan bentuk utama dalam transport gula dari daun ke bagian-bagian lain tanaman melalui system paskular. Keuntungan sukrosa dibandingkan dengan D-glukosa sebagai bentuk transport gula mungkin karena atom karbon anomernya berada dalam keadaan terikat, jadi, melindungi sukrosa dari serangan oksidatif atau hidrolitik oleh enzim-enzim tanaman sampai molekul ini mencapai tujuan akhirnya di dalam tanaman.

Hewan tidak dapat menyerap sukrosa seperti pada tanaman, tetapi dapat menyerap molekul tersebut dengan bantuan enzim suknosa, yang juga disebut sebagai invertase, yang terdapat di dalam sel yang membatasi dinding usus kecil. Enzim ini mengkatalisa hidrolisis sukrosa menjadi D-gukosa dan D-fruktosa, yang segera teserap ke dalam aliran darah.
Sukrosa merupakan disakarida yang paling manis diantara ketiga jenis disakarida yang umum dijumpai. Sukrosa juga lebih manis dari glukosa

thumbnail
Judul: PENENTUAN KADAR SUKROSA PADA MINUMAN
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait BIOKIMIA, BIOLOGY :

 
Copyright © 2013-2014. About - Contact - Disclaimer - Privacy
Template Seo Elite oleh Bamz