Sunday, August 12, 2012

ANALISA / PREDIKSI SKL 04 EKOLOGI

SKL: Menjelaskan hubungan antara komponen ekosistem, aliran energi, dan daur biogeokimia serta mengkaitkannya dengan kesetimbangan lingkungan dan pelestariannya
KEMAMPUAN YANG DIUJI:Mendeskripsikan komponen ekosistem, aliran energi, atau daur biogeokimia
1. Perhatikan siklus nitrogen ini !
Berdasarkan gambar yang ditunjuk x, y dan z adalah proses … .
  1. fiksasi
  2. denitrifikasi
  3. nitritasi
  4. amonifikasi
  5. nitrifikasi
2. Perhatikan daur oksigen di alam
Daur O2
yang ditunjuk oleh x, y dan z secara berurutan adalah .....
    1. CO2 , O2 dan respirasi anaerob
    2. O2 , cahaya dan fotosintesis
    3. O2 , H2O dan respirasi anaerob
    4. CO2 , H2O dan katabolisme
    5. O2 , H2O dan fotosintesis
3. Perhatikan diagram daur biogeokimia unsur karbon berikut!
Proses yang terjadi pada bagian X adalah ....
a. Respirasi
b. Fotosintesis
c. Pembakaran
d. Transpirasi
e. oksidasi
4. Diagram daur biogeokimia unsur C
Proses yang terjadi pada daur C yang ditunjukkan oleh x dan y secara berurutan adalah … .
a. respirasi dan fotosintesis
b. fotosintesis dan respirasi
c. respirasi dan mati
d. fotosintesis dan mati
e. asimilasi dan fotosintesis
5. Perhatikan skema berikut !
Organisme-organisme tersebut membentuk kehidupan bersama yang disebut
A. populasi
B. komunitas
C. ekosistem
D. biosfeer
E. simbiosis
6. Komposisi udara dibumi sebagian besar terdiri dari gas nitrogen (N2yang merupakan komponen utama penyusun protein.Keadaan ini mengakibatkan organisme dibumi....
a. tidak mungkin kekurangan protein karena setiap saat dapat mensintesis protein
b. mudah mendapatkan protein karena bisa langsung terbentuk di udara
c. mendapat ancaman tercemar protein karena kalau tidak dimanfaatkan jumlahnya bisa berlebih
d. terancam kekurangan protein karena hanya sebagian kecil organisme yang dapat memanfaatkan nitrogen bebas
e. Bisa terancam kekurangan protein apabila mengalami gangguan pernafasan
7. Bila kadar karbondioksida dalam suatu ekosistem menurun, orgisme yang pertama kali menerima dampak negatifnya adalah … .
a. Herbivora
b. Produsen
c. karnivora
d. konsumen
e. pengurai


SKL: Menjelaskan hubungan antara komponen ekosistem, aliran energi, dan daur biogeokimia serta mengkaitkannya dengan kesetimbangan lingkungan dan pelestariannya
KEMAMPUAN YANG DIUJI: Menjelaskan konsep kesetimbangan lingkungan dan pelestariannnya
1. Akhir-akhir ini banyak kekhawatiran terhadap Global Warming, karena suhu permukaan bumi semakin meningkat. Penyebab dari fenomena ini adalah .... .
a. menipisnya lapisan ozon
b. meningkatnya penggunaan CFC
c. meningkatnya pengeluaran CO2
d. meningkatnya suhu air laut
e. meningkatnya permukaan ir laut
2. Penipisan lapisan ozon yang dapat menyebabkan peningkatan intensitas cahaya matahari dise-
babkan oleh polutan .......
A. oksida sulfur
B. oksida karbon
C. oksida nitrogen
D. hidrokarbon
E. chhoroflurocarbons
2. Eutrofikasi yang terjadi pada ekosistem air menyebabkan hewan air mengalami kematian, sebab air yang terdapat di dalamnya banyak mengandung .....
a. Oksigen
b. Karbondioksida
c. busa detergen
d. nitrat dan posfat
e. garam mineral
4 . Di daerah perkotaan terutama yang dekat dengan daerah industri barang-barang yang
terbuka dan terbuat dari logam cepat korosi. Pencemaran yang udara yang mungkin
terjadi di daerah tersebut adalah ...
a. CO2
b. CO
c. SO3
d. Asap
e. Freon
PREDIKSI
10. Perubahan iklim dan anomali iklim mulai dirasakan manusia di berbagai permukaaan bumi. zat pencemar yang diduga menyebabkan gangguan iklim berupa effek rumah kaca ini adalah ....
a. CO2
b. SO
c. NO3
d. Freon
e. ozon

Tingkat keanekaragaman hayati
Penyebab : faktor keturunan( faktor genetik) , dan faktor lingkungan
Jadi, yang mempengaruhi sifat suatu mikroorganisme adalah interaksi kedua faktor tersebut.
  1. Keanekaragaman Gen
Gen terdapat di benang kromosom yang terdapat pada inti sel makhluk hidup, gen ialah materi yang mengendalikan sifat atau karakter (genotipe).
*rekombinasi gen : perpisahan dan penggabungan kembali gen – gen yang sama
*perbedaan dan persamaan dapat terjadi dalam makhluk hidup karena adanya kombinasi gen yang sama dan kombinasi gen yang berbeda.
*fenotipe : sifat yang tampak dan merupakan ekspresi dari gen
*contoh faktor lingkungan yang mempengaruhi keanekaragaman hayati yaitu makanan, orang terdekat, dan hormon.
2. Keanekaragaman Spesies
Keanekaragaman spesies dapat dilihat dari ciri ciri yg tampak pada makhluk hidup tersebut
Ciri yang dapat dilihat pada hewan : tingkah laku,habitat,penampilannya,makanannya,cara berkembang biak, dan interaksinya.
Ciri yang dapat dilihat pada tumbuhan : tempat tumbuhnya,batang,daun,buah,bunga,rasanya
*hewan yang satu spesies walau beda variasi akan tetap menghasilkan keturunan yang fertil (subur)
3. Keanekaragaman ekosistem
Keanekaragaman ini terjadi karena interaksi antara lingkungan biotik(hewan,tumbuhan,manusia) dan lingkungan abiotik (air,cahaya,suhu,dll)
· Contoh ekosistem di Indonesia :
Ekosistem hutan bakau
Ekosistem hutan hujan tropis Ekosistem padang rumput( NTT dan papua)
Ekosistem sawah Ekosistem kota
  • Keuntungan Indonesia : memiliki keanekaragaman hayati yg tinggi, Tumbuhan yg bervariasi, Hewan yang bervariasi,Hewan dan tumbuhan langk

Fauna daerah oriental : (Sumatera, Jawa, Kalimantan dan sekitarnya)

  • Ciri Ciri:
  • Spesies mamalia berukuran besar
  • Terdapat berbagai macam kera
  • Terdapat hewan endemik( langka )
  • Warna burung kurang menarik

Fauna daerah Australia : ( Nusa tenggara,papua,Maluku,Sulawesi)

  1. Ciri Ciri :
  • Mamalia berukuran kecil
  • Banyak hewaan berkantong
  • Tak memiliki spesies kera
  • Jenis burung mempunyai warna yg mencolok (beragam)
  • Fauna daerah peralihan : (Sulawesi dan sekitar)
  • Memiliki hewan endemik seperti : tarsius spectrum,anoa,maleo,babirusa, de el el
Keanekaragaman hayati dunia :
Tundra :
- Hampir semua wilayah tertutup es
- Memiliki musim dingin yang panjang dan gelap serta musim panas yang panjang dan terang. Peristiwa ini terjadi karena gerak semu matahari hanya sampai di posisi 23,5° LU/LS.
- Tumbuhan yang hidup hanya lumut kerak, lumut sphagnum,rumput teki, gundukan gambut ,dll
- Usia tumbuh tanaman sangat pendek, berkisar antara 30 – 120 hari (1 – 4 bulan)
Taiga
- Mempunyai musim dingin yang cukup panjang dan musim kemarau yang panas dan sangat singkat
- Selama musim dingin, air tanah berubah menjadi es dan mencapai 2 meter di bawah permukaan tanah
- Tumbuhan yang hidup adalah konifer / tumbuhan berdaun jarum ( spruce,alder,dan brich )
- Hewan : beruang , serigala,rubah
Hutan Gugur
- Curah hujan merata antara 750mm – 1.000 mm pertahun
- Memiliki 4 musim, yaitu musim panas-gugur-dingin-semi
- Tumbuhan utama : oak,maple,beech,elu
- Hewan : beruang, rusa, rubah
Hutan Hujan Tropis
- Ciri tumbuhan : liana [(memanjat)contoh : rotan,sirih], [ dan epifit (menempel)contoh : anggrek,paku]
- Curah hujan tinggi = 200-225 cm/tahun
- Tumbuhan tumbuh subur dan lebat sehingga membentuk tudung (kanopi)
Padang Rumput
- Curah hujan rendah 25 – 30 cm/tahun
- Padang rumput yang terdapat di daerah Tropik disebut Sabana.
- Beberapa jenis rumput mempunyai ketinggian hingga 3,5 m
- Memiliki pohon yang khas, yaitu akasia
Gurun
- Tingkat penguapan (evaporasi) lebih tinggi dari curah hujan.
- Curah hujan sangat rendah, <25>
- Tumbuhan yang hidup memiliki lapisan zat lilin.
Manfaat Keanekaragaman Hayati :
- Sumber pangan,perumahan,dan kesehatan
- Sumber pendapatan
- Sumber plasma nutfah ( plasma benih) yaitu kemungkinan sifat2 unggul makhluk hidupyang dapat berguna di masa mendatang
- Manfaat ekologi, yaitu untuk mempertahankan kelanjutan ekosistem
- Nilai Biologis, yaiu sebagai alat penunjang makhluk hidup
- Manfaat keilmuan, merupakan lahan penelitian dan pengembangan ilmu u/ kehidupan manusia
- Manfaat Keindahan, terletak pada keanekaragaman
Faktor yang menyeabkan kepunahan keanekaragaman hayati
- Perusakan habitat, contoh : perubahan fx hutan menjadi perkebunan,perumahan, de el el
- Penggunaan pestisida
- Pencemaran ( berasal dari limbah )
- Perubahan tipe tumbuhan (merubah hutan tropis menjadi hutan produksi )
- Masuknya spesies dan hewa liar yg dapat membunuh hewan/tumbuhan asli
- Penebangan hutan
- Seleksi alam
Konservasi SDAH ( perlindungan sumber daya alam hayati )
- Mencegah ladang berpindah dan melatih penduduk agar bertempat tinggal menetap
- Melakukan sistem tebang pilih tanam
- Melakukan reboisasi (penghijauan)
- Mengadakan reservasi hutan. Reservasi > membiarkan hutan dalam kondisi alami (cagar alam)
- Mengadakan preservasi hutan. Preservasi> melestarikan hutan untuk diambil manfaatnya demi kesejahteraan manusia.( hutan lindung,hutan kota,de el el )
- Melakukan pelestarian insitu dan exsitu
· Insitu = melakukan pemeliharaan hewan/tumbuhan di dalam habitat aslinya (cagar alam)
· Exsitu= melakukan perlindungan dan pemeliharaan hutan diluar habitat aslinya (KRB)
- Melakukan penangkapan hewan2 secara berkala
- Menganekaragamkan makanan kita agar tak bergantung pada suatu hewan/tumbuhan




Sumber : http://edisukarman.blogspot.com/search/label/BIOLOGI
thumbnail
Judul: ANALISA / PREDIKSI SKL 04 EKOLOGI
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait BIOLOGY, EKOLOGI :

 
Copyright © 2013-2014. About - Contact - Disclaimer - Privacy
Template Seo Elite oleh Bamz